Awali segala aktifitasmu hari ini dengan senyuman!!!

Reformasi Birokrasi Sektor Keuangan

Rabu, 22 Oktober 2008 18:18 WIB (Media Indonesia_www.mediaindonesia.com)
Reformasi Birokrasi Belum Sentuh Sektor Keuangan
Anggota Komisi XI DPR Dradjad Wibowo menyatakan akuntabilitas publik baru sebatas wacana dan tidak diimplementasikan oleh pemerintah. Tak heran jika laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah malah makin memburuk.

“Akuntabilitas publik lebih kepada tingkat wacana dibandingkan dengan realitasnya. Itu tercermin dari audit BPK,” kata Dradjad di Jakarta, Rabu (22/10).

Ia mengatakan akuntabilitas publik tidak diimplementasikan oleh pemerintah. Padahal kalau ada kemauan, akuntabilitas publik bisa diimplementasikan. Selama ini, yang membuat susah akuntabilitasnya itu adalah birokrasi yang terlalu panjang, prosedur berbelit-belit, jangka waktu pencairan yang mepet-mepet dan kemudian kecenderungan untuk mengambil sesuatu yang lebih dari anggaran negara yang bukan haknya. Apalagi pemerintah sudah menerapkan reformasi birokrasi sejak tahun lalu.

“Seharusnya kalau sudah ada reformasi birokrasi, itu terkait dengan akuntabilitas belanja, penerimaan, dan juga dalam utang. Tapi, walaupun ada reformasi birokrasi, ternyata tidak membaik. Bahkan untuk pemerintah pusat dan pemda disebut memburuk oleh BPK. Ini menujukkan bahwa reformasi birokrasi belum menyentuh salah satu inti dari sistem keuangan publik,” jelasnya. (Ray/OL-06)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s